• Terima kasih atas kepercayaan Anda

    LAZ NAHWA NUR

    Membantu menyalurkan zakat Anda ke lebih dari 8.000 penerima manfaat
    Yuk Hitung Zakat

Layanan Donasi

Memudahkan Donatur Melakukan Donasi

Donasi dapat berupa Program-Program Donasi Cahaya, atau pembayaran Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf.

Konfirmasi Donasi via WhatsApp (0813 8533 4334)

Kalkulator Zakat

Sekilas Zakat

Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi penegakan syariat Islam. Oleh sebab itu, hukum menunaikan zakat adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Rasulullah saw bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; mendirikan salat; melaksanakan puasa (di bulan Ramadan); menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah (bagi yang mampu)” (HR. Muslim).


Jenis dan Syarat Wajib Zakat

Zakat berdasarkan obyek yang dizakati dibagi menjadi dua jenis, yaitu: Zakat Jiwa (Fitrah), dan Zakat Maal.

Dan seseorang dapat dikatakan wajib zakat jika memenuhi persyaratan berikut:

  • Muslim
  • Berakal (tidak gila)
  • Baligh
  • Memiliki harta sendiri dan telah mencapai nishab

Penghasilan profesional oleh mayoritas ulama dikategorikan sebagai jenis harta wajib zakat berdasarkan analogi (qiyas) atas kemiripan (syabbah) terhadap karakteristik harta zakat yang telah ada, yakni:

  • Model memperoleh harta penghasilan dari profesi mirip dengan panen dari hasil pertanian, sehingga harta ini dapat dianalogikan pada zakat pertanian berdasarkan nishab sebesar 653 kg gabah kering giling (setara dengan 522 kg beras) dengan waktu pengeluaran zakat (haul)nya setiap kali menerima penghasilan (gaji).
  • Model harta yang diterima sebagai penghasilan berupa uang, sehingga jenis harta ini dapat dianalogikan pada zakat harta (simpanan atau kekayaan) berdasarkan kadar zakat yang harus dibayarkan sebesar 2,5%. Dengan demikian, apabila pengasilan seseorang telah memenuhi ketentuan ambang batas (nishab) wajib zakat, ia berkewajiban menunaikan zakat atas penghasilannya.

Zakat Harta (Maal) adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan bila telah mencapai batas minimal tertentu (nishab) dalam kurun waktu (haul) setiap satu tahun kalender.

KATA FAKTA

LAZ Nahwa Nur dalam Angka

Berikut adalah beberapa fakta dalam angkat-angka terkait LAZ Nahwa Nur.

0
0
0
0